Kasih

Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih

1 Kor 13:13

Kasih merupakan salah satu topik yang umum dan sering dibahas, sehingga banyak orang berpikir bahwa mereka sudah mengerti tentang kasih Allah. Tetapi pengalaman membuktikan sebaliknya. Kita sering merasa kesepian, tertekan, putus asa dan kalah. Setiap emosi negatif ini akan berubah menjadi positif jika kita mendapatkan pewahyuan yang benar tentang kasih Allah.

Beberapa dari kita juga mengakui ada beberapa orang yang sulit dicintai. Hal ini juga disebabkan karena kita tidak sepenuhnya memahami kasih Allah bagi kita, sehingga kita gagal mengasihi orang lain. Kita tidak bisa memberikan apa yang tidak kita miliki. Jika kita menerima pewahyuan yang benar tentang kasih Allah kepada kita, maka kita akan lebih mudah untuk mengasihi orang lain dengan kasih yang telah kita terima dari Allah.

Kita juga sering berjuang untuk percaya bahwa janji Tuhan akan digenapi, ini juga merupakan ketidakpercayaan, dan akar dari ketidakpercayaan itu adalah kurangnya kasih. Gal 5:6 mengatakan bahwa iman bekerja oleh kasih. Artinya, kasih adalah kekuatan pendorong di belakang iman kita. Jika tidak ada atau kurang kasih, maka iman kita tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Jika kita memahami kasih Allah dengan benar, maka otomatis iman kita akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Ada banyak cara yang Iblis gunakan untuk mengaburkan pengertian kita akan kasih Allah, salah satu yang paling mematikan adalah bahwa ia telah menipu kita agar kita berpikir bahwa kasih Allah terkait dengan perbuatan kita. Kita berpikir bahwa kita harus melakukan sesuatu agar Tuhan mengasihi kita, sehingga kita pantas mendapatkan cinta dari Tuhan. Padahal bukan itu yang diajarkan Alkitab.

Kasih Allah itu tidak bersyarat, Tuhan mengasihi kita bukan karena kita pantas untuk dikasihi, tetapi Tuhan mengasihi kita karena Allah adalah kasih (1Yoh 4:8).

Bulan ini kita akan mendalami kebenaran tentang kasih Tuhan. Biarlah kebenaran ini memenuhi hidup kita dan mengubah hidup kita selamanya. Amin